Pertualangan Blogger Dolar

Pertualangan Blogger Dolar
Kick Kiran – Akhirnya selesai juga Kick Kiran mengorek-ngorek siapa sebenarnya narasumber yang hebat ni walau rada ”nyeleneh” ha ha ha Kick Kiran dibuat terkesima dengan cerita dari narasumber yang beberapa waktu yang lalu sempat YM-an. Narasumber memang tidak memberikan jawaban yang cukup memuaskan untuk Kick Kiran. Sang narasumber malah banyak balik nanya ketika ditanya ha ha ha ( karena Kick Kiran bolak balik nanya jadi binggung si narasumber) namanya aja ”Penyamun” jadi rada error. Tapi tahukah anda, bahwa blogger dolar ini merupakan aktivis mahasiswa ( pasti doyan demo he he ) ? waahhhh hebatkan!! Eits anda jangan buru-buru terkesima dulu, sebelum mendengar kisah hebat selanjutnya. Seperti apa perjuangan dan prinsip pribadi sang narasumber sehingga jadi blogger dolar ? Simak Video Singkat sang narasumber berikut :

Mungkin kebanyakan orang hanya melihat keadaan sang petualangan dolar saat ini, tapi tidak mengetahui bagaimana dia berjuang dulu. Bagaimana dulu narasumber berjuang sendiri alias otodidak. Harus sana kemari ke warnet, harus mondar-mandir naik kendaraan umum untuk beli buku seputar internet ke Gramedia. Harus membagi waktu antara kuliah, organisasi dan ngeblog. Walau pada awalnya sang narasumber bukan berniat menjadi blogger dolar, tapi itulah episode yang harus narasumber lewati, berbagai hiruk pikuk perjalanan itu telah membimbing sang narasumber ke jurang dolar he he he dan akhirnya fight untuk bergumal dengan dolar sampai sekarang...anda tahu berapa dolarkah yang berhasil narasumber raih? 1500 dollar..waahhhhhhh...

Ketika anda bertanyan kepada sang narasumber ”gimana caranya dapet dolar tu mas?”...mungkin anda akan di buat kecewa deh, karena sang narasumber akan menjawab ” waaah itu butuh 4 sks dek.”... ha ha ha ketika anda bertanya kepada narasumber hebat ya begitu jawabannya, anda kudu meluangkan waktu khusus jika ingin belajar dengan sang narasumber, misalnya waktu kopdar atau dalam acara-acara senggang ketika sang narasumber tidak lagi sibuk. Namun ketika anda bertanya ketika narasumber lagi working cari dolar kemudian tanya pertanyaan diatas....yo jelas di cuekin ha ha ha.

Lalu bagaimana serunya perbincangan Kick Kiran dengan narasumber hebat ini? Bagaimana pengakuannya dan bagaimana sang narasumber berjuang melewati hiruk pikuk di dunia maya hingga terdampar di jurang dolar ?. Jika anda mengikuti perbincangan dibawah ini. Anda akan mendapatkan inspirasi dari blogger dolar hebat ini...anda akan mendapatkan gambaran lengkap sang narasumber dalam pertualangannya jadi blogger dolar.
Simak perbincangan via YM berikut :

Kick Kiran : Sejak kapan anda ngeblog...? saya dengar anda dulu sangat suka ngenet sampe ngambil paket 4 jam berkali kali dalam sehari...? apa bener? ( gak langsung dijawab, malah sang narasumber bercerita ha ha ha ha ha tapi kick kiran ikuti aja ).

Penyamun ( Narasumber ) : On Blogger Since January 2008. knapa saya ngblog? awalnya pengen belajar web design. waktu itu aku tanyai sama temen satu kost. dia lebih tua. mhs 2003. pernah juga di IKJ setahun. makanya saya tanya dia. dmna bagusnya tempat kursus web design". dia jawab gini. "wew... gmna kau bagi waktu.. belum lagi kuliah.. organisasi.. tambah pulak ini". Jiahaha ( niru ketawanya mas atta ha ha ha ).
waktu aku masih aktif di Pers Kampus, BEM Unri dan organisasi eksternal kampus. makanya dia saranin aku bikin blog aja..

Kick Kiran : jadi anda ini aktifis ya...

Penyamun : aku tanya emg apa itu blog.. ( malah balik nanya kan....) hehehe.. dikit2 lah..

Kick Kiran : wahh berarti anda ni aktifis kampus juga termasuk blogger dolar juga ya...( kemudian sang narasumber melanjutnya ceritanya )....Kick Kiran menunggu tulisan muncul di YM ha ha ha ha

Penyamun : dia malah nyuruh aku cari aja di intenet.. ato cari buku di gramed. awalnya aku coba cari di internet.. masih agak bingung. coba ke gramed beli buku satu tentang blog. setelah beli buku.. nge net lagi.. coba praktekan yg di buka sambil guugling. yah.. rupanya mnarik. itu lah lahirnya nanlimo.blogspot.com. keasikan ngotak ngatk blog bagian template.. *coz tujuan ngeblog awalnya kan design. makanya waktu luang sekalian kuliah dan organisasi aku habiskan di net. rela2in makan satu kali sehari. nanlimo itu blog pertama

Kick Kiran : berarti anda gigih juga orangnya ya ???

Penyamun : alaaah.. biasa aja kok. masih banyak yg lebih gigi ..nih gigi gw ( nah kan nyleneh ha ha ha ha ) ditanya gigih malah jawab gigi....ha ha ha trus narasumber bercerita lagi.

Penyamun : artikel blog aku isi hasil liputan ku di Bahana Mahasiswa (Pers Kampus Unri). jg opini2. waktu jaln (blog walking). aku liat ada komunitas blogger.
trus ktemu blogger sekampung==> Kuansing. iseng2... ngasi ide bikin komunitas. awal tahun 2009 kopdar perdana blogger kuansing dan terbentuklah Komunitas Blogger Kuansing. krena anggotanya banyak yg mhs.. di luar daerah.. akhirnya komunitas ga aktif. jadi ajang kupul2 aja klu mudik.

Kick Kiran : berarti anda yang mencetuskan komunitas blogger kuansing ya ?

Penyamun : bukan. bukan saya. tapi sma2. kesepakatan bersama. awalnya saya dah ktemu teman yg bikin ide ini dan saya stuju. namanya Ferri. klu banyak blog sekarang jgn di tanya. setelah nanlimo eror gara2 keseringan di otak atik.. sempat aku delete. trus bikin lagi. eh.. nongol lagi. gugle masih lugu waktu itu .. beda klu sekarang.. mana bisa gitu. blog ke 2 ku sungaikuantan.blogspot.com.

Kick Kiran : dari mana anda belajar domain atau hosting. dari google juga ?

Penyamun : otodidak.. kan ada Datuk Google ==>sya bilang dia==> Datuk Seratus Tanya Sejuta Jawab. tw knapa sekarang sungaikuantan dah pake domain dot com ?.
hmmm... gini. simak baik2 ( ha ha ha ha gak tau apa dari tadi nyimak he he he narasumber kali ini emang doyan bercerita yooo ha ha ha )....

Penyamun : krena bloger kuansing jarang kopdar dan terpisah2 di nusantara. lalu saya cari komunitas blogger pekanbaru. ehh.. ga ada dink. saya telusuri satu persatu. ketemu Hendrawan ==> sekarng di Riau POs bagian anak Muda ==> CCMD. krena ga ada komunitas di pekanbaru. saya coba kontak blogger pekanbaru yg saya temukan. untuk ngajak ngumpul dan bikin komunitas. waktu itu kontaknya lewat shoutmix ato cbox juga koment di blog kwan2. utk tempatnya saya kontak hendrawan. gmna klu tempat ngumpul di Riau POs aja.

Kick Kiran: berarti anda sebenarnya pencetus blogger bertuah ?

Penyamun : pencetus ih bukan... sya ngumpulin aja kok .. tapi dari situ terbentuknya blogger bertuah sebelumnya. bang Ais dulu akrab di sapa Sang Penyamun. udah pernah ngajak utk ngumpul. tapi ga kesampaian dan ga ktemu saya. waktu sya kontak dia lewat BW. dia langsung ok. dia pamerkan cek dari Google. tepatnya Google Adsense. jiahaha.. aku jadi ngileer... dari situ kepikir... berarti lewat blog bisa dapetin $$$. klu tanya2 dia tntu terbatas. aku jga guugling.

Kick Kiran : anda ni ngalor ngidul...he he he he berarti bang ais mentor anda juga ya ?

Penyamun : di bilang mentor ga siih. tapi inspirasi $$$$$$$. dia cuma ngasih pengantar aja. selebihnya aku otodidak. tanya sma Datuk Gogle. pertama dapet itu sekitar $100 dari main PTR. kabar ini meluas ke ank bertuah lainnya. dan sampai ke telinga wartawan Tribun. aku di telpon. jadi malu.

Kick Kiran : ha ha ha ha ha malu-malu kucing garong anda ni ha ha ha

Penyamun : pdahal baru $100. itu asi dikit. kok dah mau di wawancara. banyak master yg diatas itu.

Kick Kiran : anda pernah dapet 1500 dolar apa benar ?

Penyamun : lebih kurang lah..

Kick Kiran : ha ha ha ha ha apa anda bersedia menularkan cara dapet dolar ini kepada yang lain?

Penyamun : hahaha.. star sharing not sheling. itu slogan adsense-id <== Forum Publiser Terbesar di Indonesia. Kick Kiran : mmm....tapi ketika kick kiran berkunjung ke blog anda...anda tidak pernah menulis tutor cara dapet dolar. berarti anda ni pelit ilmu dong ? Penyamun : asem... blog yg mna. aku baru bikin blog khusus utk bercerita tentang Petualangan Penyamun Code di Pulau Hata Karun. dah main belon ke blog itu ? ( mengalihkan pembicaraan ha ha ha ) Kick Kiran : anda udah meninggalkan sungaikuantan.com dan gak terurus kata sumber yang kick kiran tau...karena sungaikuantan,com tidak menghasilkan dolar,,,apa benar ? Penyamun : ga juga. sungaikuantan.com tetap update. coba aja buka sekarang. ada artikel bau tuh .artikel baru. Kick Kiran : saya gak nanya artikel baru. anda suka nyolot juga ya . Penyamun : asem... klu ada artikel baru masa di tinggalkan Kick Kiran : PR ( Page Rank ) ? Penyamun : kok jauh banget pertanyaanya? Ok. mnurut gw itu tergantung. tergantung pada gantungan yg masih tergantung-gantung <=== ayo tebak apa. Kick Kiran : anda ditanya malah bertanya,,,berarti anda juga blogger ngeyel juga ya ha ha ha ha ha Penyamun : coz saya kan mantan tukang tanya2 ==> Wartawan Kampus.

Kick Kiran : apa anda yakin bahwa ngeblog bisa jadikan profesi

Penyamun : lho.. mengapa tidak. sejaka hari raya idul adha ini saya putus kan brhenti kerja sama org. dan sya tekadkan jadi Full Time Blogger. klu ga yakin ngapain coba2. buwt anak kok coba2... dalm kurun waktu setahun ini. saya tidak di subsudi lagi oleh ortu.
oh ya.. saya ada ide. mending kick kiran di jadian videoblog aja. jadi cara tanya jawab di rekam pake video. bagus tuh.

Kick Kiran : bener juga..tapi itu jangka panjang

Penyamun : ntar aku traktir domain ( sang narasumber punya silsilah sama gayus ni ha ha ha masak narasumber di suap ha ha ha ha ).
klu ada rejeki.. pasti di bagi2 kok sama2 ank2. ank2 Bertuah. ank2 Bertuah, kita dah kya keluarga besar.. ga sekedar komunitas. penghasilan baru segitu. ilmu itu untuk di bagi spaya manfaatnya nambah... sebaik2 org itu bermanfaat bagi yg lain..

Kick Kiran : kami tunggu gebrakan anda.

Ternyata Kick Kiran belum puas mendapatkan gambaran lengkap sang narasumber, dan ternyata narasumber bersedia juga menjawab list pertanyaan lainnya, walau sudah YM-an hampir 1 jam...ha ha ha ha gak terasa memang kalo ngobrol...

1. Kenapa anda suka dengan kata penyamun? Apa anda paham apa itu penyamun? Menurut saya penyamun gak ada nilai jual?
penyamun itu emang bukan untuk di jual tapi penjual.. jiahaha..... Btw nama itu unik dan kata yang cuma di temukan di Negeri Melayu.

2. Anda sudah menjadi blogger dolar hebat, untuk ukuran blogger di riau mungkin anda-lah yang bisa diandalkan untuk jadi pembicara di strata mahasiswa. sejauh ini apa anda tidak keberatan jika jadi pembicara di kampus-kampus atau sekolah?
selagi saya mampu.. mengapa tidak...

3. Apa kegiatan sehari hari anda selain ngeblog?
mahasiswa yang berstatus pengacara.. pengangguran banyak acara.. jiahahhaa

4. Apa anda mendapatkan dolar dari blog mana saja dan blog anda yang mana yang paling banyak menghasilkan dolar?
awalnya dari blog gratisan di blogspot dan yang paling banyak juga dari blogspot, sekarang dari $ hasil ngeblog di blogspot saya baru membangun blog dengan domain dan selfhosting.. :)

5. Bisa anda terangkan secara detail gimana langkah demi langkah mendapatkan dolar, baik itu PTR,review atau iklan? Misalnya, harus dimulai dari mana, apa yang harus dibuat terlebih dahulu...( ini sangat baik buat pemula yang ingin total ngeblog seperti anda ).
gugling saja.. dah banyak kok yang share.. ato main saja ke Sarang Penyamun.. :D

6. Anda kelihatannya telah menjadi blogger sejati, karena anda sudah memutuskan hubungan kerja di tempat lama ( kabar yang didapat kick kiran dari embun), berarti anda telah mempunyai pemikiran jangka panjang bahwa ngeblog bisa membuat anda nyaman dari aspek keuangan?
blogger sejati? emang apa patokan anda tentang blogger sejati? jiahaha.. sebenarnya pengen lanjutin kuliah dan menyelesaikan sripsi dan sambil ngeblog tentunya.. doain ya.. moga cepat sarjana... :)

7. Apa anda pernah bermain curang dalam mendapatkan dolar di dunia internet? Misalnya pasang link palsu yang isinya iklan semua ha ha ha ha ha ha ( dibeberapa kasus kick kiran pernah menemui blog seperti ini diluar negeri )
apakah yang anda maksud adalah black hat? saya lebih suka Pinky Hat SEO *anda harus coba yg satu ini...:P

8. Apa cita-cita anda ?
kok kaya ank kecil.. tanya cita2 segala... waktu kecil.. aku pernah bilang.. saya ingin jadi dokteeel.. saya ingin jadi pilot.. saya ingin jadi tentaaala...jiahha..

9. Apa yang paling berkesan dari blog yang anda punyai?
hmm.. biasa aja kok.. ga ada yg istimewa..lagian blog juga benda mati... jiahaha

10. Web atau blog mana yang paling anda gemari atau anda sukai hingga sekarang,tidak termasuk itik bali lho…ha ha ha ha ha
tentunya yang bisa hasilkan banyak $$$ dan bisa tempat berbagi..

11. Apa pesan anda bagi blogger pemula ?
titip salam aja yach.. kalau mau sukses usakan sedekah jangan lupa.. :)

12. Apa pendapat anda tentang ‘KICK KIRAN’?
saya berharap blog kick kiran jadi video blog

13. Biodata lengkap narasumber :
a. Nama Lengkap : Penyamun Code
b. TTL : Koto, Lubuk Jambi (Kuantan Singingi)
c. Alamat : Kampung Mahasiswa---Panam City

d. Alamat Facebook,twitter,YM : FB: facebook.com/penyamun.code, YM: penyamun.code, twitter; @penyamuncode


Anda tentu mendapatkan gambaran sang narasumber bukan? Kick Kiran sangat terkesima dengan pemaparan sang narasumber. Walau sang narasumber lagi happy cari dolar tapi masih sempat menjawab list pertanyaan Kick Kiran.

Dari sekian banyak pertanyaan yang Kick Kiran ajukan ke narasumber dalam episode Pertualangan Blogger Dolar, Kick Kiran dapat memberikan kesimpulan. Diantaranya :

1. Jika ingin menjadi blogger hebat harus sering blogwalking atau berkomentar di blog lain sehingga terjalin kerjasama. Seperti sang narasumber yang dengan blogwalking bertemu dengan blogger hebat lainnya.
2. Terus bertanya kepada blogger lain yang telah berhasil meraup keuntungan dari blogger.
3. Bersabar dan terus belajar. Baik dengan beli buku maupun search di google seputar blog.
4. Tidak usah malu bertanya kepada siapapun seputar blog walau ke anak smp sekalipun.
5. Harus komitmen, harus rajin update blog.
6. Terus bertanya kepada blogger lain dan ikut forum-forum yang didalamnya banyak blogger hebat. Hal ini juga dilakukan oleh narasumber yang aktif ikutan dialog di forum dengan blogger lain.

“ Cerita anda akan membuat orang lain lebih mengenal anda secara lebih dekat, membuat anda semakin ingin memperbaiki prestasi dengan kejujuran anda. Terima kasih telah bersediah menjadi narasumber Kick Kiran ”.


8 komentar:

pEnjAga~Hati mengatakan...

at poto : ituh lagi sama bule ya bang ??
doyan jugak ya si bule ama teh talua ...
hahahhaksss ... ^_^
teh telor :red:

bangful mengatakan...

Mantap dah si blogger dolar

Unknown mengatakan...

oh penyamun hatiku..hatiku..hatiku..
*goyang kapak*

dwina.net mengatakan...

siapa lagi berikutnya?

Neyna Naya mengatakan...

Mantapz dah si penyamun ini...
walah, orang Lbk Jambi dia ternyata. Ntar bisa nonton pacu bareng ini (sekalian pulang kampuang)...tapi mesti izin sama dik Itik dlu, wkwkwkwk

Admin mengatakan...

Saya menyimak sob,penasaran ingin ketemu sama kick kiran dan penyamun, keduanya sama-sama blogger bertuah nan hebat, boleh kah saya ketemu suatu hari nanti dengan anda di pekan baru sambil minum teh talua.

RIAU DAILY PHOTO mengatakan...

Siapa selanjutnya yang akan menjadi topik pembicaraan dari Kick Kiran.

attayaya mengatakan...

kok judulnya sama dengan yang di bawah

Posting Komentar